Wednesday, November 17, 2010

Introducing "The Beast!" Car Audio Processor II

Nah sekarang kita masuk ke bagian fitur dan spesifikasi teknis processor ini.

Input:
  • Stereo RCA connector, max 8V
Output:
  • 2x4 RCA connector, max 2.5V
Control:
  • 2x USB port
Power supply:
  • 12V, negative ground
  • 12V remote connector
Crossover:
  • 2x4 channel all bandpass capability.
  • 1 Hz precision
  • 1,2,3,4,5,6,7,8 order butterworth (6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48 dB/octave)
  • 2,4,8 order linkwitz-rilley (12,24,48db/octave)
Time alignment:
  • True digital time delay
  • 2x4 time delay max 2.5ms.
  • 0.02ms precision
Sebagai syarat agar processor ini mumpuni untuk dijadikan sebuah digital room correction (DRC) maka dibutuhkan tingkat ke-presisi-an yang tinggi.
Pada bagian crossover 1Hz precision sudah sangat cukup, sementara untuk time delay yang presisi hingga 0.02ms juga sudah sangat baik.
Untuk bagian equalizer nya, internally processor ini memiliki 2x36 independent L/R full parametric EQ. Presisi hingga 1Hz dengan gain yang presisi hingga antara -12 dan 12dB presisi 1/10. Untuk faktor Q range berkisar dari 0.50 hingga 50.0 presisi 1/10.

Dengan kemampuan processor yang ultra presisi itu, maka seluruh fitur yang disediakan oleh processor ini dibungkus kedalam sebuah software dan metoda tuning yang betujuan untuk mengkoreksi problem karena akustik ruangan, atau istilah keren nya digital room correction.

Ini artinya fitur2 diatas tidak di-expose kepada pengguna, melainkan menjadi fitur built-in yang sudah di-set sesuai dengan kondisi sistem audio terpasang beserta kabin mobilnya.

Oleh karena prosedur tuning dan setting yang cukup rumit, maka processor ini hanya bisa disetting oleh saya beserta rekan2 saja, he he he :)
Jadi processor ini akan bekerja tidak seperti kebanyakan processor mobil yang ada di pasaran.
Kalau processor car audio kebanyakan hanya menyediakan TA, crossover dan 31 band EQ (yang tidak terlalu presisi), maka processor ini jauh melebihi semua kemampuan itu.

Anda tidak akan menemukan user interface apapun didalam processor ini. Semua diatur 1x melalui laptop ketika terpasang dan diukur keadaan akustik kabin nya. Setelah semua di set, maka processor ini langsung bekerja tanpa perlu campur tangan apapun dari pengguna nya. Istilah nya "set and forget. Just enjoy the music"

Okay, mudah2an informasi nya cukup detail dan membantu kita semua.
Jika Anda ingin mengetahui apa itu DRC, saya sarankan untuk googling saja "Digital Room Correction".
Sebuah teknologi yang sudah dirasakan kebutuhannya dari puluhan tahun lalu, namun baru sampai ke level customer seperti kita dalam beberapa tahun belakangan - terutama untuk kalangan pro audio dan high-end home audio saja.

Untuk di mobil? DRC = The Beast!
Great sound is yours now!

3 comments:

Unknown said...

om rizal, saya mau dong processor the beast nya,, saya pingin tunggangan sejuta umat saya tetep enak dan nyaman,,saya pingin membangun sound SQ tapi bener bener mantap

Unknown said...

email saya fcamanah30@gmail.com,,,infoin yah bang

unknown said...

Merk Processornya apa ya om

Post a Comment