Saturday, January 9, 2010

Bagaimana Menilai Kualitas Audio? Bagian Ke-4

Kualitas Sound System IV - Noise

Noise adalah suara yang ditimbulkan oleh suatu sistem audio padhal suara tersebut tidak terdapat dalam rekaman aslinya.
Sebagai contoh adalah bunyi hiss (ssssss) yang dapat terdengar pada saat sistem sedang idle, atau pun bunyi hum (dengung, nguuung atau drrrrr).

Sistem audio yang baik, akan tidak akan memiliki hiss dan hum yang terdengar pada posisi pendengar normal meskipun dengan volume suara yang mendekati maksimum. 
Tentu saja, jika kita mendengarkan hiss atau hum dengan meletakkan kepala kita tepat didepan speaker, ke-2 noise tersebut bisa saja jadi terdengar. Namun demikian intinya adalah hiss atau hum yang tidak terdengar di posisi duduk normal kita.

Kualitas Sound System V - Sound Linearity

Sound linearity diartikan sebagai kemampuan sistem memainkan musik dengan tonal accuracy dan spectral balance yang baik pada semua volume, baik pada saat kita mendengarkan musik pelan-pelan maupun keras-keras (Lihat kembali definisi tonal accuracy dan spectral balance di bagian ke-1)

Sistem yang kurang baik biasanya akan kehilangan banyak detail di volume rendah maupun tinggi. Atau juga pada volume tinggi, suara menjadi seperti menyakitkan telinga. Nah pada sistem demikian, upgrade masih bisa dilakukan.


Kualitas Sound System VI - Ergonomics

Ergonomics dinilai berdasarkan kemudahan meng-operasi-kan sound system. Apakah itu ketersediaan remote, menu yang mudah digunakan, maupun hal-hal lain yang bisa mempermudah kita memainkan lagu kesukaan kita adalah nilai +.

Ok, rasanya sudah cukup 6 poin yang bisa kita gunakan untuk menilai sebuah sistem audio.
Pada tulisan berikutnya akan saya coba jelaskan tips dan tricks bagaimana kita bisa menilai ke-6 karakteristik tersebut dengan mudah.

3 comments:

Goesti said...

Wah mantep artikelnya gan.. thx ya

Blas said...

Mantap Gan walau agak terlambat tapi paling tidak saya sudah memahami kualitas audio yang benar

CorRet Souvenir said...

Jos...pingin mengerti

Post a Comment