Wednesday, January 20, 2010

Cara Memilih Head Unit Audio Mobil

Di pasaran, banyak sekali head unit (HU) aftermarket yang dijual. Beragam merk, dan beragam model pula. Lumayan pusing untuk memilih mana yang terbaik untuk kita apabila kita tidak punya patokan dasar. Nah, dalam tulisan kali ini, saya mau coba share bagaimana memilih head unit untuk audio mobil kita.

Banyak rekan-rekan yang merasa kesulitan dalam memilih sebuah head unit karena tidak mengerti spesifikasi yang disediakan oleh produsen. Pada tulisan ini, saya akan mencoba menjelaskan bagaimana membaca spesifikasi dengan mudah dan dapat "mengetahui" kualitas dari head unit tersebut tanpa perlu melakukan test dengar secara langsung.

Pertama-tama kita lihat dulu fungsi dasar dari sebuah head unit: Head unit adalah komponen utama yang mengontrol semua playback di sistem audio mobil kita. Didalamnya minimal harus terdapat 2 fungsi dasar yaitu pemilihan source (cd,radio,aux...) dan volume control :) Saya yakin 100% fungsi ini disediakan oleh head unit manapun :) So, let's go to the other parameters...

1. Budget

Hal paling penting yang mendasari pemilihan sebuah head unit adalah berapa budget kita :D
Tidak peduli apapun parameter lain yang akan kita bahas berikutnya, jika budget kita tidak cukup, maka kita akan skip head unit yang diluar daya beli kita. Simpel toh :D

2. Ukuran
Dalam audio mobil, terdapat 2 ukuran head unit. Yang pertama adalah single-din (1-DIN), dan double-din (2-DIN). Kebanyakan mobil yang memiliki HU dengan ukuran asli 2-DIN dapat lebih bebas menentukan pilihannya: boleh 1-din, atau tetap 2-din. Namun jika HU standar mobil anda adalah 1-din, maka hampir pasti Anda harus membeli HU dengan ukuran 1-DIN juga (kecuali Anda rela merubah dashboard mobil...).

Single-Din

Double-din




3. Pilihan konektivitas input/source
Head unit sedianya menyediakan semua pilihan sumber yang kita butuhkan. Berikut adalah sumber/source yang sering kita dengarkan:
  • Kaset
  • Radio
  • CD audio
  • MP3
  • SACD
  • DVD
  • DVD-Audio
  • iPod
Pilihlah head unit yang menyediakan source/konektivitas yang Anda perlukan.
Jika Anda memiliki koleksi lagu dalam USB Flash Disk, maka carilah head unit yang bisa memainkan lagu dari USB Disk.

Jangan lupa, sebisa mungkin carilah HU yang memiliki aux/line-in. Aux atau line-in ini adalah standar koneksi yang digunakan untuk sumber suara stereo. Dengan adanya aux-in, maka dikemudian hari, Anda dapat menggunakan source lain yang menyediakan line-out seperti wdtv, zune, creative zen dan sebagainya.
Selain itu, aux-in juga sangat bermanfaat untuk keperluan tuning dikemudian hari.

Bluetooth dan konektivitas lain adalah nilai PLUS.

4. Konektivitas Output
Untuk keperluan pengembangan, maka sebaiknya kita memilih head unit yang memiliki output RCA untuk front, rear, subwoofer, center channel (untuk car theatre). Jika Anda berencana menggunakan rangkaian aktif, maka Anda harus mencari head unit yang juga memiliki output RCA terpilah per-driver nya. Misal 3 channel untuk 3-way front (total 3x2=6).

Apakah tegangan pre-out penting? Ya, namun hingga level tertentu saja.
HU dengan pre-out 2V atau lebih sudah sangat mencukupi untuk mencapai taraf SQ yang baik.
Hati-hati dengan tegangan pre-out, karena besarnya tegangan ini harus match dengan amplifier yang Anda gunakan.

Output dalam bentuk digital optical atau coax adalah sebuah nilai PLUS.

Kita lanjutkan parameter lain di tulisan berikutnya ya?

0 comments:

Post a Comment