Thursday, January 21, 2010

Cara Memilih Head Unit Audio Mobil II

5. Fasilitas Tuning I: Equalizer (EQ)
Carilah head unit yang memiliki equalizer dengan jumlah band TERBANYAK. Baik itu dalam bentuk graphic equalizer maupun parametric. Anda akan membutuhkan ini untuk keperluan setting sound quality (SQ) di mobil Anda.

Sekilas mengenai EQ: EQ adalah seperti halnya sebuah pisau. Jika digunakan dengan tepat, dia akan menjadi alat bantu yang sangat bermanfaat untuk SQ. Namun jika digunakan dengan salah, dia akan merusak. Trust me, you will need EQ - especially in car environment.
Jika Anda tidak memiliki EQ dan bersikeras menginginkan SQ yang baik, Anda akan berakhir pada pembuatan passive crossover dimana didalamnya akan terpasang notch filter dengan biaya jutaan hingga puluhan juta rupiah.

6. Fasilitas Tuning II: Time Alignment
Time alignment (TA) atau time delay adalah fungsi yang disediakan untuk memperlambat sinyal audio yang dikeluarkan oleh channel tertentu.

Mengapa time alignment menjadi penting? Hal ini disebabkan karena placement speaker di mobil yang biasanya kurang ideal, dimana speaker kanan lebih dekat kepada pendengar daripada speaker kiri.
Emang kenapa sih kalau salah satu speaker lebih dekat? Well, akibat utama yang ditimbulkan dari ketidak-simetris-an speaker ini adalah imaging yang kurang tepat. (Lihat imaging di artikel sebelumnya).

Pada beberapa HU, TA disediakan untuk channel kiri depan, kanan depan, kiri belakang, kanan belakang maupun subwoofer. Namun ada juga HU yang menyediakan TA hingga level tweeter kiri, tweeter kanan, midrange kiri, midrange kanan, midbass kiri, midbass kanan dan sebagainya.

Jika Anda berencana main aktif, maka carilah HU yang menyediakan TA yang breakdown hingga level tweeter,midrange,midbass dan woofer. Namun jika Anda tidak ingin bermain aktif (single-amp), maka TA cukup kiri dan kanan saja.

Apa sih nilai minus dari TA? TA akan menyebabkan sweet spot hanya berlaku di satu posisi saja.
Bagaimana jika kita ingin sweet spot ada di lebih dari satu posisi, misalnya di kursi supir dan penumpang kiri?
Mau tidak mau, placement speaker harus ditata sedemikian sehingga jarak speaker kiri dan kanan ke pendengar tidak terlalu berbeda jauh. Dalam istilah audio, hal ini disebut PLD - path length differences.

So, TA seperti halnya EQ adalah pisau ganda. Rencanakan baik2 sistem audio yang ingin Anda miliki.
Mungkin TA tidak perlu menjadi faktor penentu utama. Anyway, HU dengan TA tetap sebuah nilai plus karena jika Anda pada akhirnya tidak akan memanfaatkannya, Anda dapat mematikan fungsi TA dengan mudah :)

7. Fasilitas tuning III: Crossover, Signal Processing, Lain-lain.
Fasilitas-fasilitas tuning lain seperti crossover, signal processing seperti Dolby ProLogic, BBE, SRS dan sebagainya adalah nilai PLUS.

Crossover pada HU meskipun terlihat penting namun pada kenyataannya fungsi ini pun disediakan baik oleh speaker maupun oleh kebanyakan amplifier. Jadi tidak perlu terlalu kuatir jika HU Anda kurang canggih crossover nya. Meskipun tentu saja, memiliki HU dengan fitur crossover yang lengkap adalah nilai tambah yang sangat baik.

OK, rasanya sudah cukup parameter yang perlu dipertimbangkan dalam memilih HU untuk audio mobi.
Artikel berikutnya akan menjelaskan mengenai spesifikasi teknis HU dan mix and match HU dengan komponen-komponen lain dalam sistem Anda.

2 comments:

bujang lapuk said...

Jika Anda tidak memiliki EQ dan bersikeras menginginkan SQ yang baik, Anda akan berakhir pada pembuatan passive crossover dimana didalamnya akan terpasang notch filter dengan biaya jutaan hingga puluhan juta rupiah.
------------------------------------------------
bos Rizal, EQ dan Notch Filter a.k.a. Resonant Peak Filter itu adalah 2 hal yang berbeda
EQ gunanya untuk kompensasi akustik, yang mana audio di mobil itu akustiknya jelek banget, makanya butuh EQ untuk memperbaikinya
sedangkan Notch Filter itu hanya untuk mengoreksi satu titik peak pada driver tersebut supaya responsnya lebih flat
biaya pembuatan crossover passive sebesar jutaan maupun puluhan juta itu kebijakan masing2 Tuner, bukan karna didalamnya terdapat Notch Filter atau tidak, juga tidak ada kaitannya dengan memiliki EQ atau tidak, karena passive crossover mempunyai fungsi yang berbeda dengan Equalizer

john said...

bicara2 tentang HU nih kak, numpang tanya dong, kira2 HU yang dibawah 2 jt tapi kualitas nya bagus apa ya ?
m tech kira kira ada reviewnya ? mkasih

Post a Comment