Saturday, January 9, 2010

Tips & Tricks Menilai Kualitas Sistem Audio

Pada tulisan sebelumnya sudah dipaparkan 6 karakteristik yang perlu kita perhatikan dalam menilai sebuah sound system. Nah pada tulisan ini, saya akan coba menjelaskan "how-to" nya. Mudah-mudahan cukup mudah untuk diikuti dan dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat - 15-30 menit rasanya sudah cukup.


Tonal Accuracy & Spectral Balance

Untuk menilai 2 karakter ini, Anda memiliki 2 pilihan. Yang pertama adalah jika Anda telah terbiasa mendengarkan bunyi alat musik secara langsung, yang ke-2 adalah jika Anda jarang mendengarkan bunyi alat musik secara langsung.

Jika Anda sering mendengarkan bunyi alat musik secara live, maka Anda bisa menggunakan lagu-lagu yang tersedia dalam CD IASCA. CD tersebut telah dirancang sedemikian rupa sehingga lagu-lagu yang ada didalamnya merupakan lagu yang direkam dengan sangat natural (tentu saja dengan biaya royalti yang murah pula). Cukup ikuti petunjuk yang ada di dalam booklet CD tersebut - and you are ready to go.

Namun jika Anda jarang mendengarkan suara live, maka Anda bisa menggunakan CD Focal JMLab, Demo CD 2, atau sering disebut Focal/JMLab Tools CD. Didalam CD tersebut, selain ada lagu-lagu pilihan, juga ada suara-suara yang sering kita jumpai sehari-hari seperti misalnya suara mesin motor, suara pensil, suara gelas pecah dan sebagainya.

Jika Anda tidak memiliki ke-2 CD tersebut, maka Anda juga dapat menggunakan CD yang memiliki kualitas audiophile. Hanya saja karena CD-CD tersebut banyak yang tidak memiliki jaminan suara natural, maka yang Anda nilai adalah suara vokal manusia-nya.
Pilihlah lagu yang dinyanyikan oleh perempuan bersuara tinggi, perempuan bersuara rendah, laki-laki bersuara tinggi dan rendah.
Perhatikan bagaimana suara manusia nya? Apakah terdengar natural (Anda tentu sering mendengar rekan Anda berbicara toh?), atau apakah terdengar seperti suara robot, suara orang dalam kaleng, suara mulut yang tertutup tissue? Sistem audio yang baik akan memainkan suara vokal manusia seperti seakan-akan sang vokalis sedang berada satu ruangan dengan kita.

Jangan lupa, saat mendengarkan lagu, Anda sangat dianjurkan untuk duduk pada posisi semestinya. Jika Anda sedang menilai sistem home audio, maka Anda harus duduk tepat ditengah speaker kiri dan kanan. Jika Anda menilai sistem car audio, maka Anda harus duduk di kursi supir.

1 comments:

Purwanto said...

mantap... banyak memberi masukan bwat saya yang saat ini baru mendalami sound system... thanks brow...

Post a Comment